Mengenal Sistem Operasi ReactOS®

ReactOS® adalah sistem operasi gratis, modern berbasis pada desain Windows® XP/2003. Ditulis seluruhnya dari awal, ditujukan mengikuti arsitektur Windows-NT® yang didesain oleh Microsoft dari tingkat perangkat keras sampai ke tingkat aplikasi. Ini bukan sistem berbasis Linux, dan tidak menggunakan apa pun dari arsitektur unix.
Tujuan utama dari proyek ReactOS adalah untuk menyediakan sistem operasi yang kompatibel secara biner dengan Windows. Ini akan mengijinkan aplikasi dan driver Windows Anda berjalan seperti yang Anda jalankan pada sistem Windows Anda. Sebagai tambahan, rasa dan tampilan sistem operasi Windows digunakan, seperti pada umumnya orang sudah terbiasa dengan antarmuka Windows® yang akan menggunakan ReactOS secara langsung. Tujuan paling utama ReactOS adalah untuk membolehkan Anda menghapus Windows® dan menginstalasi ReactOS tanpa dirasakan adanya perubahan oleh pengguna.
Harap diingat bahwa ReactOS 0.3.14 masih dalam tahap alpha, berarti ini bukan fitur lengkap dan tidak direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari.
Sistem Operasi ReactOS

Apa itu ReactOS?

ReactOS adalah sistem operasi open source dan bebas berdasarkan pada arsitektur Windows, menyediakan dukungan untuk aplikasi dan driver yang sudah ada, dan alternatif terhadap kustomer sistem operasi dominan saat ini.
Barangkali menjadi penting untuk mulai mengatakan apa yang -bukan- ReactOS. Itu bukan pembungkus terbuat dari Linux, seperti WINE. Tidak mencoba atau merencanakan bersaing dengan WINE; bahkan, bagian mode-pemakai dari ReactOS hampir semuanya berdasarkan-WINE dan dua tim telah bekerja erat. ReactOS juga bukan "OS yang lain". Tidak mencoba menjadi pemain ketiga, seperti SkyOS atau OS alternatif lainnya. Orang tidak berarti membatalkan instalasi Linux dan sebaliknya menggunakan ReactOS; ReactOS adalah pengganti untuk pemakai Windows. Karenanya, ini telah membuat banyak kesalah pahaman dari kedua sisi. Para pemakai Linux sering heran mengapa membuat dilusi dalam ruang OS bebas dengan pembuatan OS mirip-Windows; tidakkah ini tetap membuat beberapa orang berganti ke Mac/Linux? para pengembang Windows, di sisi lain, tidak mengerti perlunya untuk memutar roda dengan sebuah OS yang tidak mempunyai kualitas tinggi dan dukungan seperti yang dimiliki Windows.
Alasan dari ReactOS sangat sederhana bahwa beberapa orang, atau khususnya perusahaan, -tidak akan- beralih ke Linux. Tidak peduli seberapa besar Linux lebih baik, atau lebih baik lagi, adalah bukan pilihan bagi mereka. Beberapa orang masih menggunakan Kernel Linux 2.2 dan menolak memutahirkan ke versi baru dari OS yang sama; patut dimengerti bahwa yang lainnya tidak menginginkan secara utuh beralih ke OS yang seluruhnya baru. Sampai sekarang, open source tidak mempunyai cara untuk mencapai orang-orang tersebut. Tentu, aplikasi bebas lain bisa mengusir aplikasi Microsoft secara perlahan, seperti Office dan IE, tetapi OS sendiri sulit menghindarinya. Ini adalah target dan audien yang dimaksud dari ReactOS. Karena kompatibilitas dan konsistensi visualnya dengan Windows, ini menghapus banyak masalah yang dihadapi orang atau perusahaan ketika beralih ke Linux: melatih setiap orang atas OS baru, biaya dukungan meningkat, mendapatkan atau menulis software baru, hardware tidak kompatibel, dan daftar yang membengkak. Dengan ReactOS, semua kecemasan tersebut sirna, kecuali barangkali untuk kontrak dukungan dengan Microsoft akan menjadi sia-sia (tetapi, setiap orang teknik atau personel pihak ketiga tidak mempunyai masalah). Pengujian yang baik untu ReactOS, dalam versi finalnya, akan menjadi menginstalasi secara rahasia ke komputer nenek, dan melihat apakah dia memperhatikan adanya perubahan. Jika dia masih bisa menggunakan PC seperti sebelumnya, maka ReactOS telah sukses dimana Linux nampaknya gagal. Oleh karena itu, ketakutan bahwa ReactOS akan menyaingi sistem operasi alternatif lainnya tidak ditemukan; itu hanya akan mengambil bagian pasar jauh dari Windows.
Sementara ketersediaan sumber ReactOS dan penggunaan saat ini kebanyakan dimaksudkan untuk para pemrogram untuk memperluas dan meningkatkannya, anda tidak perlu menjadi ilmuwan roket untuk menggunakannya, dan dalam keadaan final akan sepenuhnya akrab kustomer OS. Jika anda telah menggunakan Windows sebelumnya, anda akan menemukan diri anda dalam lingkungan familier dengan ReactOS. Pembelajaran jika ada, menjadi minimal, jika benar-benar ada, karena ReactOS menduplikasi banyak dari aplet lingkungan grafis Windows, panel kontrol dan dialog (Windows 2000/XP/2003's, bukan Vista's).
Fokus saat ini adalah pengembangan ReactOS ke tahap dimana ia mampu menjalankan banyak driver Windows dan aplikasinya. Ini tidak berarti bahwa ReactOS akan berhenti disana, tetapi; karena fitur baru ditambahkan ke Windows, para pengembang kami langsung menyertakan fitur baru tersebut dalam versi berikutnya dari ReactOS. Sekali tingkat kompatibilitas tercapai, bahkan kami memilih untuk meningkatkan ReactOS jauh dari akar Windows. Perubahan ini akan menjadi eksternal dari OS utama, dan kompatibel sepenuhnya dengan Windows, tetapi dengan tambahan keuntungan ekstra. Sebagai contoh, satu dari tujuan kami adalah mempunyai kompatibilitas built-in POSIX, sangat mirip Layanan Windows untuk Unix. Bisa juga sesederhana mendukung multipel desktop secara alami tetapi, daripada memerlukan sebuah powertoy.
Sekali mimpi dari kebalikan terhadap monopoli Microsoft yang dipegang pada sistem operasi desktop, semakin banyak para pengembang bergabung dengan reaksi yang dikenal sebagai... ReactOS.
ReactOS®™ adalah merk dagang terdaftar dari ReactOS Foundation.
Windows® NT™ adalah merk dagang terdaftar dari Microsoft Corporation.

Silahkan mencoba dengan mendownload DISINI
Untuk Video Tutorial bisa dilihat DISINI

Vikrie - 2012
Share on Google Plus

About Fiqo Al Fatih

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan kirimkan komentar Anda sebagai saran untuk perbaikan sebelum keluar dari blog ini. Terima kasih sebelumnya.

By : Vikrie