Lebih Dekat Dengan Bluetooth


bluetoothBagi pengguna ponsel, istilah Bluetooth sudah tidak asing lagi. Fitur ini berfungsi untuk mengirim data dari satu ponsel ke ponsel lain. Sudah dapat dipastikan, kelebihan yang satu ini sudah wajib dimiliki oleh perangkat handphone saat ini.

Bluetooth di ambil dari nama seorang raja Denmark, Harald Bluetooth. Alkisah sang raja tersebut mampu mendamaikan dan menyatukan para suku yang bermusuhan sehingga tidak berperang. Hal inilah yang menginspirasi para vendor untuk membuat perangkat yang mampu menghubungkan berbagai macam peralatan seperti computer, laptop dan ponsel yang kemudian disebut Bluetooth.

Bluetooth ini merupakan teknologi tanpa kabel yang mampu menghubungkan dua perangkat yang berbeda. Daya jangkau biasanya berjarak 1,10 hingga 100 meter yang berada pada frekuensi 2,4 GHz.

Perangkat ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1999, tetapi masih memiliki kelemahan seperti pengaturan koneksi yang rumit dan manual sehingga tidak aman bagi si pengguna. Kemudian berkembang dengan munculnya versi 1.1 dan 1.2 dengan keunggulan untuk mendukung channel. Kecepatan transmisi 1 Mbit/detik dan mampu menahan interfensi frekuensi radio.

Bluetooth versi 2.0 muncul pada tahun 2004 dengan fitur Enhanced Data Rate (EDR) dengan kecepatan 3 Mbit/detik walaupun pada kenyataannya hanya mampu pada kisaran 3 Mbit/detik. Selanjutnya muncul Bluetooth versi 2.1 dengan fitur SSP (Secure Simple Pairing) untuk keamanan yang lebih baik.

Vikrie.Net
vikriez.blogspot.com




Share on Google Plus

About Fiqo Al Fatih

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan kirimkan komentar Anda sebagai saran untuk perbaikan sebelum keluar dari blog ini. Terima kasih sebelumnya.

By : Vikrie