Tips Trik Dalam Microsoft Office Excel 2007


Apabila Microsoft Word biasa disebut sebagai Program Pengolah Kata, maka Microsoft Office Excel bisa dikatakan sebagai "Program Pengolah Angka". Hal ini dikarenakan dengan Microsoft Office Excel ini kita bisa membuat berbagai macam dokument  yang berisi rumus-rumus / kalkulasi angka-angka dengan relatif lebih mudah. Bagi Anda pengguna pemula Microsoft Excel 2007 seperti saya, dibawah ini adalah beberapa tips dasar Microsoft Excel 2007 yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Mengubah tampilan Color Scheme.
Setelah di-install, tampilan color scheme Microsoft Office 2007 adalah biru muda. Sebenarnya kita masih bisa menggunakan alternatif warna yang lain yaitu warna silver dan hitam. Untuk mengubah tampilan color scheme, caranya adalah sebagai berikut :
  • Klik Office button, pada bagian bawah klik Excell Option
  • Pada Menu Popular, carilah Color Scheme dan gantilah color scheme dengan warna pilihan Anda.
2. Enable dan Disable Automatic Workbook Calculation
Secara default pilihan untuk Workbook Calculation ini adalah Automatic. Artinya ketika Anda membuat sebuah formula (misalkan perintah penjumlahan), maka apabila ada nilai input ada yang berubah, maka secara otomatis hasil penjumlahanpun akan berubah. Lain halnya apabila piliha Automatic ini tidak kita pilih, maka unntuk mengetahui hasil akhir penjumlahan kita harus menekan tombol Enter pada cell yang berisi rumus (formula penjumlahan) tersebut. Untuk mengubah opsi Workbook Calculation ini caranya adalah sebagai berikut:
  • Klik Office button, pada bagian bawah klik Excell Option
  • Klik Sub menu Formula, dan pilih Automatic pada workbook Calculation

Selain cara diatas dapat pula menggunakan menu Formula, lalu klik Calculation dan klik lagi Calculation Option.
3. Pengguanan Auto Recocer
Untuk penggunaan Auto Recover pada Microsoft Excel caranya sama dengan pengguanan Auto Recover pada Microsoft Word yang telah saya posting beberapa waktu yang lalu.

4. Baris dan Kolom Pertama tetap terlihat.
Kadangkala kita memerlukan tampilan agar baris pertama yang kita jadikan judul tetap terlihat ketika kita menggeser (scroll) data yang terdapat dibawahnya. Untuk melakukan hal ini kita bisa mengaktifkan Freeze Pane pada menu View. Caranya cukup dengan menentukan baris atau kolom yang dikehendaki kemudian klik menu View, klik Freeze Panes dan pilih pilihan Freeze Top Row atau Freeze First Colom.

5. Mengulang Baris Pertama disetiap cetakan
Apabila dalam tips yang  ke-4 kita bisa menampilkan baris tertentu misalnya judul tabel ketika mens-croll data kebawah, maka apabila kita menginginkan baris tertentu atau judul tersebut berada pada setiap halaman yang akan kita print, maka kita bisa menggunakan opsi "Row to repeat at top" Caranya adalah sebagai berikut:
  • Klik menu Page Layout - klik Print title, dan pada pilihan Row to repeat at top tentukan baris yang kita kehendaki.
6. Memprotek Worksheet
Untuk melindungi worksheet yang telah kita buat, kita bisa mengunakan pilihan Protect worksheet pada menu Review. Masukan password dan tentukan tingkat proteksi pada pilihan sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa tips dasar dalam Microsoft Office Excel 2007, mudah-mudahan tips-tips yang lainnya bisa saya posting dalam kesempatan yang lain.

Vikrie - 2012
Share on Google Plus

About Fiqo Al Fatih

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan kirimkan komentar Anda sebagai saran untuk perbaikan sebelum keluar dari blog ini. Terima kasih sebelumnya.

By : Vikrie